Monday, March 30, 2009

Cerita yang amat saya sukai...








MIMPI MANIS


LILIS (17 thn) adalah seorang gadis desa yang cantik, namun lugu. LILIS bercita-cita ingin menjadi seorang penyanyi dangdut terkenal. LILIS dan IBUNYA tinggal menumpang di rumah pasangan ENTIN dan TATANG yang terhitung masih kerabat mereka. Dahulu, LILIS dan IBUNYA hidup berkecukupan. Sepeninggal AYAH LILIS, mereka mempercayakan kekayaannya kepada pasangan ENTIN dan TATANG. Namun, bukannya kekayaan mereka dikelola dengan baik, pasangan ENTIN dan TATANG justru membuat LILIS dan IBUNYA kehilangan semua kekayaan mereka. Akhirnya, LILIS dan IBUNYA harus hidup kekurangan dan terjebak kemiskinan. Dalam kesengsaraannya itu, LILIS tetap yakin pada mimpinya untuk menjadi penyanyi terkenal.ALDI (25 thn), seorang produser musik yang tampan, yakin bahwa LILIS sangat berpotensi untuk sukses menjadi penyanyi. ALDI yang jatuh hati pada LILIS, berkeinginan memboyong LILIS ke Jakarta untuk merintis karir dan mewujudkan mimpinya menjadi seorang penyanyi.Tapi apa daya, impian LILIS itu hampir saja dihancurkan oleh kehadiran seorang tuan tanah bernama JURAGAN WIRA. JURAGAN WIRA yang sudah memiliki beberapa orang istri, berkeinginan mempersunting LILIS. Keinginan JURAGAN WIRA tentu saja didukung oleh ENTIN-TATANG yang menganggap, jika LILIS menjadi istri JURAGAN WIRA, maka kehidupan mereka akan terjamin.Akankah LILIS membiarkan impiannya kandas hanya karena ulah ENTIN-TATANG yang rela menjualnya ke JURAGAN WIRA? Atau impian LILIS akan menjadi kenyataan karena bantuan ALDI yang mencintai dan mendukung cita-cita LILIS?


TOPENG adalah sebuah kisah tentang hasrat dan keinginan manusia yang menjadi kenyataan, hasrat terbesar dan terkecil manusia. Apa yang terjadi ketika kita menemukan sesuatu yang dapat membuat impian terdalam kita menjadi kenyataan? Ketika diri kita berubah menjadi kuat, lalu pertanyaannya – setelah impian yang kita harapkan menjadi kenyataan, apa yang pertama kali harus kita lakukan?Topeng berkisah tentang perbedaan setiap orang dalam mengambil jalan pintas saat melewati waktu, kelas, gender dan lingkungan. Dalam pandangan Topeng, setiap orang adalah sama. Topeng membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi kenyataan. Membuat impian terdalam setiap manusia menjadi kenyataan, tak peduli apapun itu...Termasuk menjadikan seorang pengemis menjadi milioner atau si itik buruk rupa menjadi gadis terpopuler / primadona di sekolah atau orang yang buta menjadi bisa melihat atau ibu rumah tangga biasa menjadi sorang artis. Tak masalah seberapa besar atau sekecil apapun suatu impian, Topeng bisa mewujudkan semuanya.Tapi apa yang terjadi ketika impian orang itu menjadi kenyataan? Ketika orang itu berubah, kehidupan merekapun ikut berubah. Si Topeng memberikan impian mereka, tapi dengan berjalannya waktu, apakah permohonan dan harapan yang sudah terwujud itu benar-benar sesuatu yang berguna untuk mereka? Disisi lain kebohongan selalu mengikutinya. Setiap impian yang menjadi kenyataan membuat kita harus berkonsekuensi untuk itu. Kita tertantang saat impian itu datang tapi kita harus siap dengan konsekuensi yang terjadi. Apakah kita sudah benar-benar siap saat hasrat itu menjadi kenyataan?Si Topeng berpetualang dari manusia satu ke manusia lainnnya dari satu tangan ke tangan lainnya.. kadang dia bisa memberi jalan keluar, kadang terlibat begitu jauh, kadang justru tak berarti sama sekali. Kisah satu sama lain melibatkan emosi yang berbeda-beda, tapi memberi satu pelajaran, bahwa hidup kita adalah gambaran moral kita. TOPENG mengupas semua kisah. Tak ada yang tidak mungkin bagi Sang Topeng. Dia membuat hasrat dan impian menjadi kenyataan, dan setelah menemukan jalan keluar apakah yang terjadi kemudian.


Putri Cantik, putri tunggal Raja Bijak, sekaligus pewaris mahkota Negeri di Atas Angin, disingkirkan ke bumi setelah Raja Bijak meninggal akibat perbuatan Ratu Murka, ibu tiri Putri Cantik, yang ingin menjadi penguasa Negeri di Atas Angin. Tapi, sesuai dengan hukum yang berlaku, sidang kementrian Negeri Atas Angin, tidak bisa mengangkat Ratu Murka sebagai penguasa, tanpa ada kepastian apakah Putri Cantik masih hidup atau sudah meninggal, Bagi Ratu Murka, lebih baik Putri Cantik meninggal, karena dengan begitu, rahasianya tidak akan terbongkar, apabila dia berhasil membawa Putri Cantik kembali ke negeri di atas angin. Sejak itu, mulailah Ratu Murka memburu Putri Cantik untuk membawa mayatnya kembali ke Negeri di Atas Angin. Di bumi, Putri Cantik dijaga oleh lima Manusia Ajaib, yang sudah terlebih dahulu dikirim Raja Bijak ke bumi untuk menjaga kelestarian alam. Usaha Ratu Murka yang dibantu asistenya yang bernama Comel selalu gagal untuk mengkahiri hidup Putri Cantik yang berbaur dengan manusia dan menyebarkan kebaikan. Ini membuat Ratu Murka semakin penasaran dan terus berusaha untuk mengakhiri hidup Putri Cantik. Ratu Murka tidak sadar, bahwa kejahatan tidak pernah bisa menghancurkan kebaikan.

Ini adalah cerita pertentangan antara kebaikan dan kejahatan. Putri Cahaya adalah sebuah cerita tentang kepolosan, kebaikan dan segala yang baik dan manis yang ada di muka bumi. Juga tentang kebalikan dari itu semua, yaitu ketamakan dan kejahatan. Kebaikan ditandai oleh adanya Putri Cahaya, peri yang manis dan baik hati serta Shinta si gadis bisu yang cantik. Putri Cahaya selalu berjuang untuk kebaikan. Sementara itu kejahatan dan ketamakan diwakili oleh Putri Hitam dan ibunya, Ratu Jahat, serta keluarga tiri Shinta (Ibu Asti, Olla, Olly dan Ronnie).Kematian orang tua Shinta membuat jiwanya goncang sampai kehilangan suaranya. Hidup ditengah keluarga tirinya yang selalu bersikap sewenang-wenang membuatnya semakin tersiksa, terlebih lagi Putri Hitam yang selalu memanfaatkan kebisuannya hingga Shinta selalu dalam keadaan tidak berdaya.Shinta yang menderita suatu kali tak sengaja bertemu dengan Yoga, seorang cowok tampan, baik hati dan kaya. Yoga jatuh cinta kepada Shinta sejak pandangan pertama, sampai kemudian ia menyadari bahwa Shinta adalah gadis bisu.Putri Hitam yang egois ingin memiliki bola kristal yang mempunyai gerbang angkara murka. Jika gerbang angkara murka itu dibuka, maka segala kesulitan dan malapetaka akan muncul. Dan jika suatu kali Putri Hitam mendapatkannya, dia bersama ibunya akan melepaskan semua kesengsaraan, gangguan dan malapetaka ke dunia ini. Dia ingin kemenangan dari kejahatan itu dan dengan begitu mereka bisa memelihara ambisi untuk menguasai dunia. Maka dipilihlah seorang gadis bisu bernama Shinta, yang memiliki kepolosan dan kebaikan untuk mewujudkan impian jahat mereka.Putri Hitam menginginkan keluarga tiri Shinta ikut hanyut dalam kejahatan untuk menyiksa Shinta demi tujuan pribadinya sendiri. Sementara Putri Cahaya yang mengetahui kejahatan adik kandungnya sendiri, berusaha untuk tetap menebarkan kebaikan di muka bumi. Kedua peri bersaudara itu punya sifat yang bertentangan karena diasuh secara terpisah. Putri Cahaya dididik oleh ayahnya, seorang raja berhati mulia, Jaya Dewa, yang selalu mengajarkan kebaikan. Putri Cahaya, dengan semua kekuasaannya ingin membuat dunia ini menjadi lebih baik dan lebih nyaman. Sedangkan Putri Hitam, yang tinggal bersama ibunya (Ratu Jahat) selalu diajari tentang egoisme, ketamakan dan kejahatan. Ratu Jahat yang telah mengabdikan diri pada setan itu percaya bahwa tidak ada gunanya hidup dalam kebaikan.Mereka menjadi bermusuhan ketika Putri Cahaya menjadi malaikat pelindung Shinta dari serangan gencar kejahatan. Bagaimanakah nasib bola kristal itu selanjutnya ? Apakah Putri Cahaya berhasil mendapatkan bola kristal ?

Posted by Our Blog :) at 5:23 PM